Senin, 14 Januari 2013

Tekstur kacang dalam manis dan kenyalnya Yangko DYN

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal dengan berbagai olahan makanan tradisionalnya. Berbagai makanan tersebut biasanya dijadikan oleh-oleh untuk para wisatawan dari luar Yogyakarta. Untuk daerah Yogyakarta memang yang paling sebagai oleh-oleh adalah bakpia. Namun sesuai dengan cita rasa khas Yogyakarta yang identik dengan rasa manis, berbagai olahan makanan selain bakpia juga banyak diproduksi oleh para masyarakat Yogyakarta di berbagai daerahnya dan dijadikan makanan khas daerah Yogya dan daerah asalnya.
Salah satunya jajanan yang menarik untuk dicoba adalah yangko. Yangko merupakan salah satu makanan atau jajanan yang biasa dijadikan oleh-oleh para turis ketika mengunjungi Yogyakarta. Produk yangko ini merupakan produk hasil dari daerah Kotagede. Yangko disini mempunyai rasa kenyal dan manis yang disertai warna-warni yang menarik sehingga membuat orang penasaran untuk mencobanya.
Yangko merupakan jajanan yang berbahan dasar beras ketan ini diproduksi hampir seluruh masyarakat di Kotagede. Namun salah satu sudut didaerah Kotagede ini terdapat salah satu yangko yang unik dan berbeda dari yangko pada umumnya. Yangko ini adalad yangko kacang DYN yang beralamat di Prenggan Utara, RT 25 Kotagede.  Yangko dengan label DYN yang merupakan singkatan dari nama pemilik yaitu Daryono, mempunyai khas tersendiri dimana yangko olahannya mempunyai tekstrur kacang didalamnya.
Sehingga yangko milik Daryono ini disebut dengan yangko kacang karena bahan dasarnya ditambahi dengna kacang. Cita rasa dari yangko ini juga tidak banyak berbeda dengan yangko pada umumnya yaitu manis dan kenyal dan untuk yangko kacang DYN ini juga disertai tekstur kacang yang lembut. Untuk sekotak yagngko kacang DYN ini dihargai Rp.10.000,-  dengan berbagi varian rasa seperti kacang, strawberry, coklat, durian.
Penasaran dengan sensasi rasa yang beda dari yangko ini, dapat menjadi alternative oleh-oleh yang unik. Selain itu dengan harga yang relative murah sehingga yangko ini merupakan jajanan oleh-oleh yang merakyat. Elyas Nur Kholik/ Jajanan & Oleh-oleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar