Sabtu, 13 Oktober 2012

Resto Es Krim Jajahan Belanda

Pada zaman penjajahan Belanda di kota Yogyakarta, banyak sekali bangunan-bangunan maupun resto yang hancur. Namun masih terdapat bangunan dan resto yang masih berdiri. Pada zaman dulu banyak bangsawan Belanda yang menyukai es krim. Sampai saat ini bangunan kedai es krim masih kokoh berdiri seperti dulu dan tentunya cita rasa tidak pernah berubah.     
Kedai es krim yang terkenal itu bernama Tip Top Ice Cream yang terletak di Jalan Mangkubumi No. 24 Yogyakarta. Kedai ini berdiri sekitar 76 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1936. Kedai yang berdiri pada saat zaman Belanda ini, boleh dikatakan sebagai saksi bisu zaman penjajahan Belanda, Terlihat pada bentuk bangunan yang belum berubah dari dulu hingga sekarang. Tampak dari luar bangunan kedai dan tatanan ruang  yang masih klasik. Bentuk atapnya yang bergelombang kotak-kotak, di bagian dindingnya banyak di pasang kaca-kaca yang berukuran lumayan besar, cat temboknya pun didominasi oleh warna cat putih.

Bentuk-bentuk perabotannya masih sangat klasik. Kursi berkerangka logam tertata clasik di tempat ini. Kursinya cenderung lebih pendek dari kursi-kursi yang lain dan dilapisi melamin seperti kursi-kursi tamu di rumah-rumah pada masa tahun 1960-1970.  Kursi- kursi tersebut di tata rapi, satu meja dikelilingi 4 kursi, di toko ini kurang lebih ada 7 meja dan 28 kursi. Kedai ini  mempunyai jadwal buka pukul 09.30-13.30 WIB dan 17.00-21.30 WIB. Dalam proses pembuatannya masih menggunakan mesin es yang sangat kuno terlihat dari penampilan luarnya yang sudah sangat kusam.
Pada saat berkunjung ke kedai tersebut pengunjung dapat menikmati pula lagu-lagu klasik dari album konser lawas Francis Goya dan Billy Vaughn yang dapat membuat pengunjung merasa nyaman dan seperti diingatkan  kembali suasana pada masa tahun 1940-an. Kedai Ice Cream Tip Top mempunyai tagline “Taste The Retro Sensation Of Ice Cream”. Seperti disebutkan pada tagline tersebut kedai ice cream Tip Top masih menyuguhkan cita rasa asli pada saat awal berdiri. Dalam menu yang disuguhkan ada 26 jenis ice cream yang tidak pernah berubah dari tahun ke tahun. Khas ice cream tersebut adalah ice cream yang mempunyai tekstur keras sehingga lebih lama mencair dan renyah. Kelebihan dari ice cream yang dijual di kedai Tip Top ini yaitu bebas dari bahan pengawet. Karena di zaman dulu belum ada pengawet-pengawet yang sekarang ini banyak di jual di toko-toko bahan makanan dan tentu saja hal ini masih sangat dipegang teguh oleh pemilik agar keloyalan pengunjung terjaga. Rasa manis dalam ice cream tersebut begitu halus dan tipis sehingga tidak meninggalkan rasa pekat di tenggorokan. (Diska Yuadhita/ Resto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar