Sabtu, 08 Desember 2012

Malam Hari Di Pujamari

Berburu kuliner diberbagai daerah tidak akan pernah ada habisnya. Setiap daerah pastinya mempunyai ciri khas untuk setiap menu kulinernya, entah dari segi cita rasa, nama makanan yang unik hingga segi tempat yang unik yang ditonjolkan untuk dapat membuat setiap orang dapat mengingatnya. Dari segi tempat, kebanyakan orang menyukai tempat yang letaknya strategis dan mudah untuk dijangkau. Strategis disini lebih kepada berlokasi dipinggiran jalan raya sehingga pengunjung dari luar daerahpun tidak sulit untuk menemukannya. Untuk cita rasa disini lebih untuk membuat orang yang pernah mengunjungi menjadi kangen dan ingin merasakannnya kembali walaupun berada diluar daerah. Konsep inilah yang coba diangkat oleh pemerintah Kabupaten Sragen dengan membuat sebuah temapat makan yang berada dekat ruang public yang berbentuk seperti cafe dipinggir jalan.
PUJAMARI Sragen yang mempunyai kepanjangan pusat jajanan malam hari sragen, merupakan sebuah tempat makan yang berada diruang terbuka, mirip seperti café yang menyediakan berbagai hidangan kuliner baik makanan maupun minuman yang mempunyai cita rasa khas sragen. Pujamari bertempat dipinggir jalan raya sukowati dan mengambil tempat di halaman Galery Batik Sukowati. Lokasi ini berada dijantung kota Sragen karena tidak jauh dari kantor Pemkab dan juga tidak jauh dari Alun-alun yang merupakan pusat keramaian warga Sragen bila malam hari tiba. Pujamari mengambil setting tempat malam hari sehingga tempat ini mulai buka pada pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB. Namun tak jarang baru pukul 21.00 WIB sudah harus tutup karena makanan ludes diserbu para pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota. Karena pujamari terletak dipinggir jalan raya sukowati yang merupakan jalan utama yang menghubungkan propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, sering dijadikan tempat singgah dan istirahat pengunjung dari luar kota yang melewati  jalan raya sukowati ini.
Sejak dibuka pada Februari 2011 silam, hingga sekarang ini pujamari tak kehilangan magnet untuk menarik pengunjung sehingga tiap hari selalu ramai dikunjungi orang-orang. Apalagi menjelang liburan sekolah dan menjelang tahun baru seperti sekarang ini. Selain setting tempat yang nyaman, yang membuat para pengunjung terutama dari luar kota kangen dan ingin kembali lagi adalah cita rasa dari berbagai kuliner yang disediakan dipujamari ini. Berbagai menu yang terdapat di pujamari ini antara lain, Sego liwet padang bulan, Soto Sapi Girin, Tengkleng Sapi Taruna Sukowati, Mie Ayam Bakso Sony, Gudeg Ceker Bu Ami hingga Nasi Tumpang Mbah Jami. Selain itu juga tersedia berbagai aneka minuman baik itu minuman panas atau dingin. Dari beberapa menu tersebut yang cukup banyak digemari adalah nasi tumpang mbah Jami. Sebab untuk menu nasi tumpang cukup sulit dijumpai diluar kota Solo dan Sragen. Sehingga rata-rata pengunjung dari luar kota cukup menyukai hindangan ini. Untuk segi harga tidak perlu dikhawatirkan, karena menu-menu tersebut merupakan makanan atau jajanan merakyat alias murah meriah. Harga yang ditawarkan mulai Rp.4000,- saja. Benar-benar akrab dengan kantong masyarakat pada umumnya. Suasana menyantap hidangan yang ditemani indahnya lampu-lampu kota dan jalanan sukowati merupakan salah satu kenyamanan makan malam sambil berkumpul dengan teman atau keluarga. Penasaran dengan semua keunikan dan kenyamanan tersebut, jangan lupa untuk singgah bila melewati kota Sukowati ini. Elyas Nur Kholik / Resto & Café

Tidak ada komentar:

Posting Komentar