Sabtu, 17 November 2012

Lidah Lokal Nuansa Nasional

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, segala aspek kehidupan dilingkungan masyarakat juga mengikuti perubahan kegaya modern. Tanpa terkecuali gaya rumah makan (resto) dan café-café cukup banyak yang mengadopsi gaya tampilan modern untuk diterapkan pada resto atau café mereka. Gaya modern banyak disukai orang karena menampilkan kesan yang mewah dan layak untuk dikunjungi. Namun dari sekian banyak tersebut tetap terdapat beberapa orang yang ingin tetap mempertahankan sisi unik dan kearifan local sebagai tandingan gaya-gaya modern yang diterapkan dibanyak resto & café. Walaupun banyak bermunculan resto & café yang mewah dan mempunyai gaya modern, beberapa restodan café yang bernuansa unik, tradisional tetap bertahan untuk menjadi competitor dari banyaknya restodan café yang bernuansa modern. Justru para pemilik resto dan café ini mencoba mengkolaborasikan gaya unik dan tradisional ini dengan gaya modern yang mewah namun tetap mengedepankan sisi tradisional dan tentu saja cita rasa asli yang tidak boleh berubah untuk tetap menyajikan cita rasa asli dan unik.
Konsep inilah yang coba diterapkan dan diperkenalkan oleh Yohanes Paidin, seorang pemiliki rumah makan (resto) Roso Joyo di bumi sukowati Kabupaten Sragen. Rumah makan Roso Joyo ini cukup terkenal untuk masyarakat Sragen karena cita rasanya yang unik. “Kalau masakan Jogja kan terkenal manis. Jawa timuran terkenal asin. Nah, kami memadukan dua cita rasa itu menjadi cita rasa menu ayam goreng kami menjadi cita rasa khas Sragen,” ujar sang  istri, Anna Suzzana. Memang untuk menu andalan dari rumah makan Roso Joyo ini adalah ayam goring dan beberapa olahan dari bahan dasar ayam, selain itu masih ada varian menu yang tak boleh lupa untuk dicicipi, ada gurame bakar / goreng, nila bakar, dan menu berbahan ikan segar lainnya. Rumah makan Roso Joyo ini juga menyediakan menu untuk para vegetarian, mereka bias menyantap menu berbahan sayuran seperti cha kangkung. Untuk harga menu utama olahan ayam, dipatok dengan harga Rp. 52.000,- untuk satu ayam utuh,  sedang untuk satu potong bagian ayam dipatok dengan harga Rp. 12.500,- baik untuk olahan bakar maupun goreng. Selain itu untuk layanan pesanan atau catering dipatok dengan harga Rp.15.000,00 per porsinya.
Dengan berbagai variasi menu yang bercita rasa khas sragen yang ditawarkan, akan semakin cocok bila disantap dengan ditemani suasana asri persawahan yang berada disekitar rumah makan. Ya, suasana asri persawahan yang menjadi background dari rumah makan Roso Joyo ini semakin mengundang para pengunjung untuk singgah di rumah makan ini. Bercengkerama dengan ikan-ikan di kolam, tanaman dan suara air pancuran seakan menambah selera untuk melahap menu yang tersaji. “Konsep utama kami adalah kenyamanan selain cita rasa masakan tentunya. Untuk lokasi sengaja kami desain bervariasi menyesuaikan jenis acara dan kebutuhan. Yang ingin santai ada lesehan, yang ingin romantic bisa di gazebo atau untuk keperluan formal seperti rapat atau seminar kami sediakan gedung atau aula,” papar Yohanes Paidin, pemilik RM Roso Joyo, di sela-sela kesibukannya mengurus rumah makannya. Konsep inilah yang dimaksud kolaborasi antara gaya unik, tradisional dan gaya modern. Unik ,tradisional terletak pada tempat rumah makan ini berada yang dikelilingi persawahan, tempat lesehan dan gazebo. Untuk gaya modern disediakan untuk acara formal seperti rapat dan seminar selain itu fasilitas wi-fi pun juga tidak ketinggalan disediakan dirumah makan ini.
Penasaran dengan konsep suasana dan cita rasa yang ditawarkan rumah makan ini? Anda dapat langsung berkunjung ke Jalan Irian, Nglorog Sragen. Dengan luas 3.500 m2 dan berada di dekat areal persawahan, rumah makan Roso Joyo II ini merupakan cabang dari rumah makan Roso Joyo I yang beralamat Jl. Raya Sukowati 461 Sragen (Depan POM Bensin SMA Negeri 1 Sragen, agak ke barat). Dengan area yang cukup luas, rumah makan ini dapat menampung setidaknya  1000 pengunjung. Karenanya rumah makan ini merupakan salah satu rekomendasi wisata kuliner khas sragen untuk bersantai bersama keluarga diakhir pekan atau untuk acara-acara besar lainnya. Elyas Nur Kholik / Resto & Cafe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar