Sabtu, 29 Desember 2012

Berjumpa Maryam di Stasiun Kereta

Libur menjelang pergantian tahun membuat semua orang menyiapkan berbagai acara untuk mengisi liburan tersebut. Bagi orang perantauan yang berada jauh dari rumah, pulang kampong menjadi salah satu kegiatan yang penting karena pasti ingin melewati liburan pergantian tahun bersama orang-orang atau keluarga terdekat. Hal tersebut membuat beberapa stasiun kereta, bis dan bandara dikota-kota besar menjadi ramai oleh para perantau yang ingin menuju kampung halaman. Salah satunya yang ramai untuk menuju kampung halaman adalah menggunakan kerata api, karena cukup nyaman untuk perjalanan jarak dekat, menengah atau jauh. Berbicara mengenai perjalanan menggunakan transportasi massa, salah satu yang penting diperhatikan adalah makanan yang menjadi teman selama perjalanan.
Bila sedang menempuh perjalanan jauh, kebanyakan orang membutuhkan makanan yang siap saji sehingga praktis namun juga memiliki gizi yang baik, bukan sembarang makanan siap saji karena tidak semua makanan siap saji baik untuk kesehatan. Bila anda sedang berada di Yogyakarta, kemudian ingin pulang kampung atau dalam perjalanan yang menggunakan transportasi kereta api dari beberapa stasiun yang terdapat di Yogyakarta, terdapat menu kuliner jajanan yang dapat dijadikan teman dalam perjalanan. Kuliner jajanan tersebut adalah roti maryam. Bila anda sering menggunakan kereta dari Yogyakarta pasti tidak terlalu asing dengan kuliner jajanan ini  karena  sering dijumpai di stasiun tugu yogya, atau stasiun lempunyangan. Roti maryam ini sering dijadikan jajanan untuk menemani perjalanan menggunakan kereta. Walaupun tergolong jajanan, namun untuk soal gizi tidak perlu diragukan karena roti maryam ini bergizi tinggi dan kaya akan protein. Selain itu roti yang diproduksi oleh Fathiyah Bakery dari Gresik ini juga telah memiliki ijin dari departemen kesehatan Indonesia.
Roti maryam yang berada di Yogyakarta ini memang paling sering dijumpai di stasiun kereta api, sehingga menurut salah satu penjualnya, roti ini juga sering disebut roti khas stasiun. Roti maryam yang berbentuk bulat pipih ini mempunyai cita rasa yang khas yaitu perpaduan manis dan gurih yang seimbang. Untuk satu buah roti maryam ini dihargai cukup terjangkau yaitu Rp. 3000,- saja. Dengan menggunakan gerobak dorong, roti maryam ini selalu banyak diserbu para pembeli karena selain harganya murah, kandungan gizinya juga tidak perlu diragukan lagi. Untuk penyajiannya pun, dalam sebungkus roti maryam ini terdapat bubuk gula putih untuk menambah rasa manis yang dipadukan dengan rasa gurih dari roti maryam tersebut. Roti maryam paling pas dan enak bila disantap selagi hangat karena bila sudah mendingin roti akan sedikit mengeras. Namun bila terpaksa memakannya dalam keadaan dingin juga tidak terlalu masalah karena tidak akan mengubah cita rasanya yang gurih dan manis bila di tambah bubuk gula putih diatas permukaan roti maryam tersebut.
Jadi bila anda sedang dalam perjalanan menggunakan kereta api, tidak ada salahnya mencoba  kuliner jajanan roti maryam ini sebagai teman perjalanan yang bergizi dan kaya protein. Selain itu roti maryam ini sering dijadikan menu oleh-oleh jajanan,karena tidak semua kota terdapat kuliner jajanan yang bergizi dan kaya protein ini. Elyas Nur Kholik/ Oleh-oleh & Jajanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar