Sabtu, 13 Oktober 2012

Kemewahan Es Krim Lokal

Es krim (Ice Cream) merupakan salah satu jenis sajian yang tergolong mewah dan mahal pada awal penemuannya. Es krim sendiri pada dasarnya dihidangkan kepada orang-orang tertentu, misalnya orang  penting seperti petinggi Negara, dan lain-lain. Es krim juga hanya dihidangkan pada acara-acara tertentu yang tergolong mewah.
Seiring dengan perkembangan jaman, es krim dapat dinikmati tidak hanya pada acara yang mewah. Begitu es krim masuk ke Indonesia, muncullah inovasi-inovasi baru salah satunya adalah inovasi tradisional yang sering di sebuyt dengan es tung-tung.
Perkembangan tersebut dapat merubah citra es krim yang semula merupakan makanan mewah dan mahal, menjadi makanan yang merakyat yang dapat dibeli dan di nikmati semua lapisan masyarakat dari berbagai kalangan. Es tung-tung merupakan jenis es krim yang paling sederhana dan murah, sehingga dapat lebih mudah mendapatkannya.Harganya dibandingkan harga es krim di toko-toko, sangat jauh perbandingannya, dapat mencapai 5-10 kali lipatnya.
Es tung-tung biasanya disajikan dengan contong atau yang lebih beken disebut corn berbahan dasar tepung terigu. Penyajiannyapun biasanya disertai dengan roti tawar, namun sekarang penjual-penjual es tung-tung lebih sering menggunakan mangkok plastik dalam mengemas es tung-tung. Harga standar es tung-tung mulai dari Rp. 1000,00 menyesuaikan permintaan kita. Kesederhanaan es tung-tung adalah ciri khas yang menjadi kemewahan tersendiri. Keunikannya menggunaan alat musik kenong (gamelan) yang  dimaksudkan untuk mengundang konsumen dan juga penyajiannya, menjadi idenitas tersendiri dari es tung-tung. (Purno Ujianto/ Jajanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar