Jumat, 02 November 2012

Soto Tahu Tempe Kemasan Enak Rasane

Soto Merupakan salah satu kuliner istimewa di Indonesia. Hampir di setiap Kota mempunyai soto khas tersendiri. Di kota Yogyakarta sendiri sekarang sudah banyak bermunculan soto khas dari daerah lain seperti Soto Kudus, Soto Makasar maupun Soto Lamongan dan Soto Lenthuk. Dari segala macam soto yang ada, terdapat salah satu yang cukup patut untuk dicoba yaitu Soto Lenthuk. Soto ini berlokasi di desa Kemasan, Banguntapan, Bantul. Lebih tepatnya dari arah terminal giwangan ke timur  selatan jalan ring road. Warung Soto ini bisa dikatakan cukup sederhana namun tetap clasic dan etnic karena warung tersebut dibuat dari anyaman bambu yang berada di pinggir sawah. Pemilik warung soto campur aduk ini adalah Ibu Jum yang lebih dikenal dengan panggilan Yu Jum.
 Hal yang membuat spesial soto buatan Yu Jum adalah dia sama sekali tidak menggunakan daging ayam maupun sapi seperti soto biasanya. Ia lebih menggunakan tahu dan tempe dalam campuran sotonya.Yu Jum menggunakan bumbu spesial khas racikannya sendiri sehingga memberikan rasa kuliner soto yang berbeda dari biasanya. Di warung soto ini pula anda tidak akan menemui sambal karena dalam sotonya anda akan di tawari seberapa lombok yang diminta. Itulah yang menjadi cita rasa pedas dalam sotonya.Adapun dalam warung soto ini beberapa sajian pelengkap sepeti sate usus, sate ati, sate jeroan, kepala ayam bacem, ceker bacem dan masih banyak lagi lalapan daun kemangi serta pelengkapnya yaitu  jeruk nipis.
Warung soto ini buka setiap hari kecuali hari libur nasional, mulai pukul 07.00 pagi sampai habis. Terkadang  waktunya jam makan siang soto ini sudah habis karena banyak pelanggan yang membeli. Pelanggan soto ini adalah semua kalangan. Bahkan seorang ahli cita rasa, Bondan Winarno pernah merasakan soto ini. Soto sederhana yang berada di pinggir sawah yang memberikan sajian unik. Tak lupa ia mengatakan bahwa soto campur aduk  tahu dan tempe ini mempunyai rasa yang mak nyuus. Fandi Irawan/Kaki Lima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar