Sabtu, 08 Desember 2012

Serabi Harum ya Serabi Notosuman.

Berbagai makanan atau jajanan tradisional yang sering disebut makanan khas Indonesia ini tersebar diberbagai daerah diselurh nusantara. Hampir setiap daerah mempunyai makanan atau jajanan khs dari daerah tersebut yang kerap kali dijadikan oleh-oleh untuk dapat mengenalkan daerah tersebut ke masyarakat luas. Salah satunya adalah makanan dengan nama serabi. Serabi merupakan salah satu makanan khas Indonesia, terlebih serabi mempunyai banyak jenis yang disesuaikan dengan masing-masing daerahnya. Mulai dari serabi kocor khas Jogja, serabi atau surabi khas Bandung hingga serabi khas Solo atau biasa disebut Serabi Notosuman.  Serabi ini sangat terkenal dan pertama kali lahir di derah Notosuman, sampai-sampai ketika derah Notosuman berganti nama menjadi Jl. Mohammad Yamin tetap saja masyarakat lebih mengenal dengan serabi notosuman. Cita rasa dari serabi yang gurih berasal dari santan kelapa yang murni tanpa campuran bahan pengawet ini membuat setiap penikmatnya selalu ketagihan dan ingin membeli lagi. Selain rasa original berasal dari santan kelapa juga ada rasa coklat.
Penikmat serabi ini bukan hanya masyarakat asli solo saja namun masyarakat dari luar kota menjadikan serabi notosuman ini sebagai varian oleh-oleh dalam bentuk makanan selain oleh-oleh batik khas solo yang sering dijadikan oleh-oleh. Serabi notosuman tidak hanya berada dijalan Mohammad Yamin saja namun beberapa cabang mulai dibuka karena melihat minat masyarakat terhadap serabi notosuman ini semakin tinggi. Beberapa alamat lain untuk dapat membeli serabi notosuman antara lain di Jalan Slamet Riyadi, kemudian Jl. Sutan Syahrir 106 Widuran –Solo, juga terdapat cabang yang berada diluar kota yaitu di Jalan Raya Sukowati 351 Sragen.
Jadi bila ada wisatawan terutama dari daerah Jawa Timur yang berkunjung ke Solo dan tidak sempat untuk membeli oleh-oleh serabi notosuman atau malah kehabisan, dapat mampir dan membelinya di cabang yang terdapat di Kota Sukowati Sragen. Lokasinya juga mudah untuk ditemukan karena terletak di pinggir jalan raya sukowati yang merupakan jalan utama yang menghubungkan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Harga untuk serabi notosuman ini cukup terjangkau, untuk satu kotak rasa original (putih) harga Rp.18.000,- dengan isi 10 biji serabi sedangkan untuk satu kotak dengan isi 10 biji rasa coklat dihargai Rp. 20.000,- saja. Yang membuat para penikmat serabi notosuman ini semakin bernafsu untuk menikmati serabi ini adalah aromanya yang harum dari daun pisang yang membungkus serabi ini. Jadi saat serabi matang dan masih dalam keadaan panas, langsung dibungkus menggulung dengan daun pisang, hal ini untuk menambah aroma wangi pada serabi notosuman.
Penasaran dengan sensasi rasa dan aroma yang khas dari serabi notosuman ditambah harga yang ditawarkan cukup murah untuk seukuran oleh-oleh, dilarang untuk lupa membeli salah satu oleh-oleh atau makanan khas solo ini ketika berwisata ke Kota Budaya ini. Namun bila tidak sempat atau kehabisan, beberapa cabang dari serabi notosuman siap untuk mengobati rasa penasaran anda. Salah satunya yang terletak di jalan raya sukowati. Elyas Nur Kholik / Jajanan & Oleh-oleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar